Selasa, 28 Desember 2010

Tepat Mengolah Daging Sapi

Bagian-bagian daging sapi :
Di Indonesia umumnya di gunakan bagan potongan daging standar Australia (Australian chart). Berikut ini beberapa potongan daging populer yang umum dijumpai di supermarket.

SHANK (SENGKEL)
Shank berasal dari daging bagian atas tungkai sapi. teksturnya sedikit alot dan banyak mengandung lemak. Daging sengkel sebaiknya di masak dengan suhu tinggi dalam waktu yang lama.

TOPSIDE (PENUTUP)
Daging sapi yang terletak bagian paha belakang dan sudah mendekati area bokong. Daging ini sangat tipis dan sedikit lebih liat dibanding bagian has.

RUMP (TANJUNG)
Daging sapi yang berasal dari punggung bagian belakang dekat buntut. Biasa diolah dengan cara dipanggang. Sepintas mirip daging sirloin tapi ukurannya lebih kecil.

T BONE
Hargannya lebih murah dibanding potongan tenderloin karena terdapat tulang berbentuk huruf T bagian tengah. Bagian daging yang lebih besar dari has luar. Sedangkan bagian kecilnya berasal dari has dalam.

RIBS (DAGING IGA)
Daging iga terletak di antara bagian dada dan pinggang, disekitar tulang rusuk. Rib-eye adalah daging iga yang sudah tersedia dalam bentuk steak. Bisa dengan tulang ataupun tanpa tulang. Sementara OP Ribs berasal dari hasil pemisahan antara prepared ribs dan short-ribs yang dipotong paralel dengan tulang belakang.

SIRLOIN (HAS LUAR)
Sirloin adalah daging yang berasal dari bagian pingganghingga ke atas perut. Sirloin lebih terkenal sebagai daging has luar di pasar tradisional.

TENDERLOIN (HAS DALAM)
Berada di bawah bagian sirloin tenderloin terkenal berstektur sangat empuk. Karakteristik inilah yang membuat hargannya lebih mahal dibandingkan potongan bagian lain. Untuk versi lokal tenderloin dikenal dengan nama has dalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar