Selasa, 28 Desember 2010

Manfaat Bunga Liar

1. Pacing Hijau

Tumbuhan perdu berwarna hijau ini biasa tumbuh di daerah lembap. Pacing memiliki batang beruas dengan daun berbentuk hati dan tepi agak bergerigi. Pacing biasa digunakan sebagai radang mata atau penyubur rambut.

2.Manggar Pinang

Oleh masyarakat Melayu manggar pohon pinang kerap dimanfaatkan sebagai pelengkap dalam berbagai upacara spiritual.

3. Gendong Anak

Gendong anak disebut juga meniran, termasuk tumbuhan berbatang basah dengan tinggi sampai 45cm. Bunganya tumbuh berseling pada ketiak daun. Daunnya memiliki sirip genap dengan buah bulat seperti menir (pecahan halus yang terjadi ketika ditumbuk)

4.Terung Anggur

Sama seperti jenis terung lainnya terung anggur berisi banyak biji kecil nan lembut. Biji boleh dimakan, tetapi rasannya pahit.

5. Jambu Monyet

Biasa ditemukan ditegalan, buah jambu monyet berstektur tajam

6. Rosela Merah

Kelopak rosela merah dapat diambil sebagai pewarna makanan, bahan minuman segar semisal sirup dan teh, atau selai. Kelopaknya mengandung vitamin C, vitamin A, dan asam amino yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh.

7. Terung Hias

Terung merupakan tumbuhan asli India dari Sri Lanka. Jenis terung setengah liar seperti ini dapat tumbuh hingga ketinggian 225cm dengan diameter buah 3cm.

8. KETEPENG

Ini merupakan jenis tanaman perdu besar yang biasa tumbuh di tempat-tempat lembap. Ketepeng mempunyai ukuran daun besar dengan bentuk bulat telur. Mahkota bunga ketepeng memiliki ujung kuncup dengan kelopak berwarna kuning dan tandan berwarna cokelat muda.

9. SONGKET CINA

Daun songket cina mirip dengan bunga airis. Saat berbunga, setiap tangkainnya akan berisikan sekitar 7-15 kuntum berwarna oranye kekuningan.

10. ROSELA PUTIH

Bentuk dan manfaat tanaman ini mirip dengan rosela merah. Bedannya, rosela putih memiliki batang berwarna putih kehijauan dan tidak dapat dimanfaatkan sebagai pewarna makanan seperti halnya rose merah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar